Cerita Dari KGTK9 IMAMI UI 2012

Persaingan untuk memasuki jenjang pendidikan di Perguruan Tinggi semakin lama semakin sengit. Bayangkan, dari sekian banyak lulusan SMA/MA/SMK di Indonesia, posisi aman untuk bisa diterima berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri favorit sangat terbatas. Tentunya keinginan untuk bisa mendapatkan almamater di PTN favorit menjadi impian hampir semua Siswa/i Kelas XII. Salah satunya mungkin Almamater Jaket Kuning yang berkuliah di Kampus Perjuangan. Yap, Universitas Indonesia.

Buat teman-teman di Sumatera Barat tentunya setiap awal tahun (Januari-Februari awal) tentunya selalu dikunjungi oleh teman-teman dari Ikatan Mahasiswa Minang (IMAMI) UI ke sekolah masing-masing (well, mungkin tidak semua SMA dapat dijangkau oleh teman-teman IMAMI UI).

Setiap tahunnya, mahasiswa-mahasiswi Minang yang berkuliah di Universitas Indonesia sangat semangat kembali pulang ke kampung halaman dengan membawa suatu kegiatan akbar, Kampus Goes To Kampuang (KGTK) yang tahun ini sudah merupakan kesembilan kalinya diadakan oleh IMAMI UI. Banyak loh kegiatan-kegiatan yang diadakan dalam rangkaian KGTK9 tahun ini. Seperti lomba essay dan fotografi, kajian Islam dan adat, Roadshow ke sekolah-sekolah, Try Out Simulasi SNMPTN, dan tentunya Bedah Kampus UI.

Saya ingin menceritakan beberapa kegiatan yang kebetulan saya terlibat langsung nih. Pertama, saya ikut terlibat dalam Roadshow ke sekolah-sekolah. Kebetulan waktu itu saya pulang ke Bukittinggi memang terlambat, jadinya saya hanya sempat mengikuti roadshow ke dua SMA di Agam Timur, yaitu SMA Negeri 1 Candung dan SMA Negeri 1 Baso.

Dari dua sekolah ini, entah mengapa saya sendiri merasakan bahwa untuk wilayah yang kurang mendapatkan akses informasi, alumni UI yang belum ada dari sekolah mereka, kekhawatiran orang tua kalau anak-anaknya berkuliah jauh, serta kurangnya kepedulian pihak sekolah sangat berdampak terhadap semangat siswa-siswa untuk melanjutkna pendidikan mereka setelah SMA ke PTN, salah satunya UI. Banyak alasan sebenernya, menurut pendapat beberapa siswa, karena faktor biaya kuliah di UI yang mahal, kurangnya informasi, khawatirnya orang tua untuk menguliahkan anak-anak mereka di luar Sumatera Barat, dan tentunya khawatir tidak akan lulus di UI karena nilai yang pas-pasan.

Wah, kenapa banyak generasi muda yang aroma-aroma kalah sebelum berperang ya ini? Tapi kita masih tetap ingin menggali semangat teman-teman Kelas XII se-Sumatera Barat dengan mengajak mereka mengikuti Try Out Simulasi SNMPTN yang dilaksanakan serentak se-Sumatera Barat. Tahun ini Simulasi diikuti oleh lebih dari 5.000 siswa SMA se-Sumatera Barat.

Tidak hanya Try Out Simulasi SNMPTN saja loh, masih ada puncak rangkaian KGTK9 IMAMI UI, yyaitu Bedah Kampus Akbar Universitas Indonesia yang diadakan di Auditorium Perpustakaan Bung Hatta Bukittinggi. Bedah kampus ini sendiri dikuti lebih dari 1.000 siswa dan siswi SMA se-Sumatera Barat.

Enaknya acara Bedah Kampus ini adalah, kesempatan untuk mengenal, menggali informasi, dan merasakan atmosfirnya UI sangat lekat di hati. Pasalnya, kegiatan ini dihadiri langsung beberapa pembicara keren dari Universitas Indonesia sendiri, mulai dari unsur Rektorat, Kemahasiswaan, bahkan alumni U yang berprestasi sekaligus juga di datangkan untuk teman-teman se_sumatera Barat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *