Glory Glory Graduation 2014

Setelah menuntaskan Sidang Skripsi pada tanggal 6 Januari 2014 dan trip ke Hong Kong dalam program Make a Different (MaD) Forum 2014, serta berkutat dengan revisi skripsi setelah itu, akhirnya datang juga hari yang ditunggu, WISUDA!

Mungkin beberapa orang berpendapat bahwa sangat rugi jika kita wisuda begitu cepat (baca: lebih cepat dari jadwal reguler 4 tahun). Menyelesaikan pendidikan formal S1 dengan waktu hanya 3.5 tahun atau 7 semester, saya diberikan banyak sekali comments, selain selamat dan salut bisa menyelesaikan sangat cepat, 3.5 tahun, tentunya juga ada pihak yang menyayangi keputusan saya ini; “Masih banyak hal yang bisa kamu lakukan satu semester lagi, Ndra. Ya, intinya lebih kurang seperti itu.

Awalnya pun demikian, saya sempat berfikir akan kehilagan satu semester sebagai mahasiswa yang dapat saya gunakan untuk kegiatan yang lebih banyak lagi sebagai mahasiswa. Namun, setelah mempertimbangakan beberapa hal, akhirnya saya memantapkan keputusan saya untuk menuntaskan pendidikan formal ini hanya dalam 7 semester.

Secara finansial, sebenarnya saya tidak perlu khawatir karena toh saya didukung oleh beasiswa hingga semester 8. Bahkan beasiswa tidak hanya memberikan support berupa uang semesteran saja, tetapi juga memberikan uang saku. Artinya, secara keuangan saya tidak akan rugi, toh.

Namun alasan saya untuk segera menyelesaikan pendidikan formal S1 ini dengan segera adalah:
Pertama, saya sangat ingin segera keluar dari kampus. Loh? Kenapa emangnya, Ndra? Bukan karena saya tidak mencintai kampus, tapi saya yakin satu semester depan (red: Semester 8 jika saya belum wisuda), saya bisa mengekplor lebih di luar kampus.

Kedua, ingin segera bebas dari dunia perkuliahan. Hah! Percayalah saat itu saya benar-benar merasakan ingin segera memiliki status sebagai ALUMNI, ya walaupun sekarang (pastinya tidak hanya fresh graduates) merasa sangat rindu menjadi mahasiswa.

Ketiga, ya karena pengen aja. Biar segera wisuda, biar keren wisuda dengan berkuliah hanya 3.5 tahun (please jangan tanggapi dengan serius, jangan)

Ya apapun itu alasan dibalik keputusan saya dan komentar dari orang-orang, saya berkomitmen untuk meraih mimpi saya yang tinggi. Dan, ya, saya memulainya sebelum saya wisuda sekalipun. Semuanya telah direncaknakan, dan sayapun merencanakan juga masa depan ini, mengikuti semua prosesnya, menikmati dan belajar banyak dari proses, artinya semakin kuat saya membangun pondasi mimpi ini.

Masa depan benar-benar misteri, namun tentunya saat ini saya ingin berbagi keceriaan wisuda dengan mengupload foto-foto WISUDA ini. Alhamdulillah saya diJudicium dengan predikat lulusan SANGAT MEMUASKAN pada tanggal 4 Februari 2014, kemudia GR Wisuda pada tanggal 6 Februari 2014, serta Glory Graduation pada tanggal 8 February 2014. Teman-teman juga bisa akses di Facebook saya untuk foto yang lebih komplit.

Selamat wisuda, Class of 2014!!

Andra Septian
Andra Septian
A full time Jakartan who spend his weekdays as HR Recruitment Supervisor at Coal Mining Company. Enjoying his weekend as a lover

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *