Remaja CERIA Jakarta Timur 2011

Ikutan Remaja CERIA pertama kali terlintas dibenak gua saat Aditya Gilank Pratama, Penulis Muda Indonesia 2010 yang sering berkegiatan sama gua di KPPPA menceritakan bahwa dia adalah salah satu RemajaC ERIA. Awalnya gua mikir, CERIA itu yaa CERIA. Hanya sekedar ajang pemilihan model gitu. Tapi saya SALAH!!

Remaja CERIA bukan hanya sekedar memancarkan keceriaan saja, tetap banyak makna CERIA yang harus kita sebarka. Remaja CERIA adalah salah satu perlombaan yang diadakan oleh Dinas Pemuda dan Olah Raga, singkatnya, para pemenang nanti akan menjadi Duta Pemuda dan Olah Raga gitu.

CERIA itu sendiri punya singkatan, loh. C itu singkatan dari CERDAS, E sebagai ENERJIK, R sebagai RESPONSIF, I sebagai INOVATIF, dan A sebagai ADAPTIF. Jadi tidak hanya ‘CERIA’ saja, tetapi masing-masing poin dari CERIA itu sendiri haruf dimiliki oleh semua Remaja CERIA.

AUDISI

Hhhhmm.. Mengikuti Remaja CERIA ini benar-benar sesuatu banget buat gua, tadinya masih tarik ulur kayak bangun tidur terus kedinginan, gak mau gerak. Jadi Jum’at 20 Mei 2011 itu sudah menjadi hari terakhir pendaftaran dan akan diadakan technical meeting Remaja CERIA Jakarta Timur dan gua masih belom juga mendaftar, padahal gua udah fotostudio juga untuk salah satu persyaratan pendaftaran. Alhasil gua memaksakan diri untuk berangkat technical meeting di Gelanggang Remaja Jakarta Timur yang berada di Jalan Otista. Gua nggak tau sama sekali itu Otista dimana dan subhanolloh sekali ternyata jauh banget dari Depok. Perjalanan lancar nggak pake macet aja bisa satu setengah jam, apakabar kalau macet. Nah, pertama kali nih gua ketemu sama salah calon peserta audisi dan sekarang juga anak kecenya RCjaktim, Costan. Dia adalah mahasiswa kedokteran UI 2010. Sama-sama PPKB kitanya.

Well, besok itu audisi, katanya bakalan ada penampilan bakat, interview, dan musti berpakaian rapi. Ngok! Buru-buru balik ke kosan dan periksa lemari, mau pakai apa nih besok. Alhasil, dari baju, dasi, celana, dan septu gua beli malam itu juga. Subhanolloh ya, niat sekali gua buat ikutan RC (yaiyalah!)

Sabtu, 21 Mei 2011 adalah hari Audisi. Bayangin jam setengah 6 kurang gua udah siap bernagkat dan naik angkot. Buat penampilan bakat? aaagghh gua sendiri nggak nyiapin apa-apa, pengen ngejambak-jambakin rambut orang deh gua saat audisi udah dimulai jam 7 an. Gua masuk trip ke tiga yaitu dengan nomor 23. Alhamdulillah sekali gua nggak diminta nunjukin bakat gua :p

Anyway, begini loh penampilan gua pas audisi.. *brb bakar laptop* hahahaa

Dari nomor peserta 23 eeehh pas mau interview gua malah jadi nomor 27 loh. Sesuatu banget ya itu. 😀

Jadi ceritanya, sebelum interview itu, masing-masing peserta audisi nanti dipanggil untuk ke atas panggung, di bawah sudah ada 3 dewan juri yang siap menanya-nanyakan banyak hal yang nggak terduga deh pokoknya. Random. Jadi yaa, mau copy paste jawaban dari peserta sebelumnya juga belum tentu bisa kan.

Nah, pas giliran gua, dewan juri banyak banget nanya tentang aktifitas gua sebagai aktifis anak. Terus gua disuruh naik ke lantai dua dan ternyata gua masuk sebagai semi finalis dan akan melaju ketahap berikutnya, interview. Nah pas dibagian sini nomor gua berubah menjadi nomor 27, sesuatu ya.

Ada 3 pewawancara; psikologi, pengetahuan tentang Jakarta, serta pengetahuan umum dan Internasional juga. Singkat cerita nih, audisinya gua cepat kelar dan nunggu pengumumannya ituloh yang lama. Alhamdulillah deh gua masuk sebagai finalis Remaja CERIA Jakarta Timur 2011 dan Seninnya akan langsung dimulai pembekalan. Oia, silahkan llihat info Audisinya juga di: http://remajaceriajakartatimur.wordpress.com/2011/06/16/remaja-ceria-jakarta-timur-2011/

PEMBEKALAN

Ngomong soal pembekalan mah paling seru, butuh pengorbanan, semuanya campur sari deh. Bayangin aja selama sebualan, itu gua musti bolak balik Depok Otista dengan capeknya lumayanlah ya bikin kurus badan, hahahaa. Normalnya gua udah berangkat dari kosan jam 2 atau setengah 3 karena takut macet dan perjalanan yang lumayan. Jam 4 itu udah mulai pembekalan dan berakhir jam 9 malam. Dari belajar catwalk, dance, public speaking, make up, photo shoot, psikologi, dan masih banyak lagi. Mau sih cerita tentang pembekalannya gimana aja, tapi kayaknya paling asik kalau ngalamin sendiri, AYO IKUTAN YA TAHUN BESOK!!

GRANDFINAL NIGHT

Nah, malam penobatan Anugerah RCJT 2011 diadakan pada tanggal 24 Juni 2011 di Sasono Langen Budoyo, TMII. Ini untuk ketiga kalinya gua berada dipanggung ini. Tahun 2005 saat gua menjadi Duta Anak Indonesia dan membacakan Deklarasi Anak Indonesia 2005 dihadapan Pak SBY dan menyerahkannya langsung bersama beliau. Tahun 2006 gua menerima penghargaan sebagai Pemimpin Muda Indonesia dan berkesempatan juga menerima penghargaan tersebut dari Pak SBY, serta yang ketiga adalah malam Grandfinal RC gua!

Alhamdulillah gua mendapatkan gelar Wakil 2 Putra Remaja CERIA Jakarta Timur 2011. Untuk info bagaimana Grandfinalnya, mendingkunjungi blog RC Jaktim ya: http://remajaceriajakartatimur.wordpress.com/2011/07/14/malam-penobatan-anugerah-rcjt-2011/

sasa

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *