Seleksi AFS Chapter Padang Year Program 2011/2012

Nggak nyangka banget kalau tahun lalu gua bersama rekan-rekan AFS/YES Indonesia Angkatan 51 YP 2008-2009 merasakan kehidupan yang sangat luar biasa menjadi duta Indonesia ke 9 negara. Waktu itu, dari Chapter Padang ada 5 orang yang dikirim untuk year program. Ada Indra Fahlevi (SMA Negeri 1 Padang Panjang) yang mengikuti kegiatan AFS Jenesys Year Program di Jepang. Empat orang lagi yaitu gua, Andra Septian (SMA Negeri 3 Bukittinggi), Miftahul Khairi (SMA Negeri 1 Bukittinggi), Nazifatur Rahmi (SMA Negeri 1 Batu Sangkar) dan juga Muhammad Hanif (SMA Negeri 1 Padang Panjang) yang mengikuti kegiatan AFS YES ke Amerika.

Nah setiap tahun tahunnya AFS Bina Antarbudaya mengirim lebih dari seratus siswa terpilih yang berhasil melewati berbagai seleksi yang diadakan oleh AFS baik tingkat Chapter maupun Nasional.  Nah tahun ini juga, AFS kembali akan mengadakan Seleksi AFS untuk YP 2011-2012.

—- Pendaftaran DITUTUP pada tanggal 25 April 2010 —-

Buat teman-teman Kelas X,, WAJIB nih buat nyimak infonya…!!!

Apakah program pertukaran Bina Antarbudaya itu?

Bina Antarbudaya adalah organisasi nirlaba yang berafiliasi dengan AFS Internasional yang merupakan pelopor program pertukaran pelajar di dunia. Setiap tahun, Bina Antarbudaya mengirimkan siswa/siswi terbaik Indonesia untuk tinggal dan belajar di beberapa negara di dunia dalam program pertukaran budaya. Siswa/siswi ini dipilih melalui beberapa tahapan seleksi yang sangat kompetitif untuk memastikan bahwa pelajar yang kami kirim benar-benar yang terbaik sebagai duta Indonesia, tanpa membedakan membedakan agama, ras, suku, maupun latar belakang sosial, ekonomi. Untuk lebih lengkapnya mengenai Bina Antarbudaya, silakan kunjungi website kami.

Siapakah yang boleh mendaftar untuk program ini? Dan Program apa saja yang bisa dipilih?

Siapapun yang masih duduk di kelas X SMU / sederajat, warga negara Indonesia, dan tertarik untuk mempelajari budaya dan kehidupan di negara lain. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut Bina Antarbudaya membuka kesempatan untuk mengikuti proses seleksi pertukaran pelajar Year Program / Intensive Program bagi pelajar SMA.

Program, Periode Keberangkatan & Durasi Program:


-AFS Program (11 Bulan)

Maret 2011 negara tujuan Jepang
Agustus-September 2011 negara tujuan Amerika Serikat / Eropa

-YES Program (11 Bulan) / Amerika Serikat
Agustus 2011

-Jenesys / Jepang
Year Program (11 Bulan) -Maret 2011
Intensive Program (2 Minggu) – Desember 2010

Persyaratan umum:
– Warga Negara Indonesia.
– Sehat jasmani dan rohani.
– Mengikuti dan lulus proses seleksi bertahap yang diadakan oleh Bina Antarbudaya.
– Bersedia berangkat pada bulan Desember (khusus Intensive Programs).
– Siswa kelas 1 SMA/SMK/Aliyah/ sederajat.
– Usia 15-16 tahun 7 bulan (kelahiran 1 September 1993 – 1 April 1995).
– Aktif berorganisasi dan berprestasi dalam beberapa kegiatan.
– Mendapat izin dari orang tua dan sekolah.

Saya adalah siswa pesantren, bisakah saya berpartisipasi?

Kenapa tidak? Seluruh siswa kelas X SMU / sederajat, baik dari SMK maupun pesantren, boleh mengikuti seleksi. Tentu, apabila mendapat izin dari sekolah yang bersangkutan.

Jadi kalau saya sudah kelas XI atau XII, tidak bisa mengikuti seleksi?

Sayang sekali, untuk saat ini kami hanya membuka seleksi setiap tahunnya untuk siswa/i kelas X.

Mengapa hanya mereka yang duduk di kelas X yang boleh mendaftar?

Untuk memastikan bahwa siswa/i yang dikirim merupakan duta bangsa terpilih, mereka harus mengikuti beberapa tahap seleksi di tingkat chapter, nasional, dan internasional. Setelah calon kandidat lolos dari 3 tahap seleksi di tingkat chapter, mereka juga akan diseleksi kembali di tingkat nasional. Kemudian mereka masih menunggu kepastian keberangkatan serta izin dari negara tujuan. Setelah mereka mendapat izin dan memenuhi semua persyaratan, kandidat akan menjalani tahun pertukaran pelajarnya saat ia duduk di kelas XI akhir / kelas XII awal.

Karena proses seleksi yang bertahap inilah, maka kami hanya membuka kesempatan bagi mereka yang duduk di kelas X untuk mendaftar.

Apakah harus fasih berbahasa Inggris supaya bisa lulus program ini?

Tidak juga. Kemampuan bahasa dan akademis bukan yang kami utamakan dalam memilih kandidat. Kami mencari pemimpin masa depan, mereka yang memiliki semangat dan kepribadian yang kokoh untuk mampu belajar dari budaya yang berbeda. Jadi kamu tidak perlu berkecil hati, bila kemampuan berbahasamu tidak seberapa. Toh, jika kamu terpilih untuk belajar di negara lain, kamu akan menguasai bahasa negara tersebut dalam waktu yang relatif singkat! ;-) Tetapi jangan lupa, tes kemampuan bahasa Inggris juga merupakan salah satu tahapan seleksi.

Apakah harus menguasai salah satu kebudayaan daerah agar bisa terpilih?

Penguasaan kebudayaan daerah bisa menjadi nilai tambah untuk peserta seleksi, tetapi tidak diwajibkan. Tapi ada baiknya jika kalian menguasai salah satu bentuk kesenian tertentu agar bisa ditampilkan.

Bagaimana mengenai biaya?

Seperti telah disebutkan, Bina Antarbudaya adalah program nirlaba yang bergerak di bidang pertukaran budaya. Kami memastikan, bahwa siswa/siswi yang kami kirim merupakan siswa/i terbaik yang terpilih melalui seleksi, tanpa memandang latar belakang ekonominya.

Intinya, kami menyarankan agar kamu memberanikan diri untuk mendaftarkan diri. Tak usah takut bahwa kamu tidak cukup berpotensi, yang penting kamu siap membuka diri untuk hal-hal baru. Tidak ada yang tahu, mungkin kamulah orang yang kami cari! Semuanya dimulai dari hari ini…

Apa saja yang harus saya persiapkan untuk mendaftar?

Percaya atau tidak, tidak ada! Yang kamu harus persiapkan hanyalah keinginan yang kuat dan keberanian. Oh iya, kamu juga perlu membawa uang Rp 40.000,00 untuk administrasi; tapi selain itu, simpan dulu semua piagam prestasi dan transkrip nilaimu. Langkah awal adalah datang ke kantor Bina Antarbudaya Chapter Padang atau di base-camp kami yang di Bukittinggi dan mengambil formulir pendaftaran. Di lembar cara pengisian formulir, kamu akan diberi tahu dokumen apa saja yang diperlukan pada saat pengembalian formulir. Jangan lupa untuk mengembalikan formulir tepat waktu!!

Di manakah saya bisa mendaftar?

Kamu bisa mendaftar di chapter yang paling dekat dengan tempat tinggal / sekolah kamu. Saat ini Bina Antarbudaya memiliki 15 chapter yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk informasi chapter yang berada di dekat kota tempat tinggalmu, lihat website Bina Antarbudaya.

Untuk kamu yang berdomisili di Bukittinggi, Agam Timur dan sekitarnya, formulir hanya bisa didapatkan di base-camp yang beralamat:

Jalan Melati No. 24 Stasiun, Bukittinggi
pada hari Jumat pada jam 15.00 – 17.00,
dan hari Sabtu pukul 13.00 – 16.00 mulai tanggal 19 April 2010.

Bila saya tidak tinggal di Bukittinggi, Agam Timur dan sekitarnya, bolehkah saya mendaftar ke Bina Antarbudaya Chapter Padang?

Yap! Selama kamu masih berdomisili dan bersekolah di kota-kota di Sumatera Barat (Padang, Solok, Batu Sangkar, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, dll) dan tidak keberatan untuk mengikuti tiga tahapan seleksi yang diadakan di Padang.

Kamu bisa datang ke kantor Chapter:

AFS Chapter Padang
Wisma Indah III Block C/2 Parupuk Tabing Padang 25171

Jika saya masih punya beberapa pertanyaan, saya bisa menghubungi siapa?

Jadi penjelasan kami di sini tidak cukup ya? Baiklah, kamu bisa melayangkan pertanyaanmu ke email bsnss.solution@gmail.com atau kamu juga bisa bergabung dengan Facebook AFS Chapter Padang dengan search: Afs Padang.

Atau kamu bisa menghubungi:

      • Arlan di nomor 085274001407
      • Tante Im di nomor 08197578831
        *Pertanyaan via sms tidak akan ditanggapi.

Tunggu apa lagi? Daftarkan diri kamu segera!!

*copy paste dari blog Adith-Chapter Bandung

2 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *