Tips Interview Kerja Yang Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnya

Semakin majunya teknologi, semakin banyak pula tips sukses interview kerja yang bisa kamu temui di media online. Namun demikian, ada beberapa tips yang mungkin belum pernah kamu dapatkan sebelumnya (ya…. semoga ya).

Berdasarkan pengalaman saya sebagai seorang Recruiter, selain menjadi diri sendiri saat interview, ada hal lain sebernya yang bisa menjadi pertimbangan HR maupun User dalam menilai kamu secara menyeluruh dalam interview kerja. Tulisan ini lebih diperuntukkan untuk kamu yang freshgraduate atau yang belum di level atas, ya 🙂

1. Jangan Terlalu Banyak ‘Mengatur’ Jadwal

Ini sangat menarik. Banyak sekali kandidat yang justru ‘terlalu mengatur’ proses recruitment-nya. Saat kamu mencari pekerjaan di perusahaan manapun, cobalah luangkan waktu kamu untuk mengikuti proses seleksi sebaik mungkin. Percayalah, Recruiter sendiri juga mengkoordinasikan jadwal yang tepat untuk kamu.

Sebagai contoh, untuk interview ada beberapa hal yang dapat kamu ingat. Pertama, tidak hanya kamu kandidat yang diproses. Beberapa perusahaan justru dapat mengugurkan begitu saja saat kamu terlalu mengatur jadwal. Sederhananya, belum join aja udah kayak gini. Kedua, jadwal sendiri juga dikoordinasikan di belakang layar. Apalagi saat kamu akan diinterview oleh Manager, tidak mudah loh mendapatkan jadwal Manager. Jadi jangan buang kesempatan, apalagi kamu yang butuh pekerjaan, toh? Dengan terlalu mengatur-atur, kamu meninggalkan kesan yang tidak baik di mata Recruiter.

2. Be nice saat kamu di lift

Mungkin kamu tidak kenal orang-orang yang ada di dalam lift saat kamu menuju lokasi interview, cobalah untuk selalu being nice. Bisa jadi orang yang ada di dalam lift adalah interviewer kamu. Atau mungkin bisa jadi mereka nanti adalah calon co-worker kamu. Kita tidak pernah tahu bukan?

Saat kamu ngomel, mengeluh di lift dan dengar oleh interviewer kamu, bisa dibayangkan bagaimana kamu akan merasa awkward sendiri saat akan diinterview 🙂

3. Be nice to our Receptionist

Meskipun kamu bukan diinterview oleh Receptionist, tapi saat kamu berada di front desk, please be nice. Karena pada saat itu kamu sudah memasuki lingkungan organisasi-calon tempat kerja kamu. Dengan bersikap baik, kamu akan merasakan welcome di lingkungan kantor. Sadar atau tidak, hal ini akan membantu kamu merasa lebih tenang, loh.

Selain itu, team front desk adalah mata dan telinga dari perusahaan. Mereka memiliki percakapan dengan orang-orang di semua tingkatan organisasi. Percayalah, mereka dapat memberitahu HR atau Manager apa yang mereka pikirkan tentang kamu. Dengan bersikap baik, kamu memiliki kesempatan yang lebih baik dari mereka untuk mendapatkan kata/pendapat yang baik tentang kamu.

4. Datanglah lebih awal

Datang lebih awal tidak hanya menunjukkan kamu orang yang disiplin, loh. Bisa saja perusahaan yang kamu apply akan meminta kamu mengisi formulir on the spot, atau test on the spot, sehingga dengan datang lebih awal kamu tidak akan mengulur jadwal interview.

Tentunya saat datang lebih awal kamu akan merasa lebih tenang, tidak grasak-grusuk. Bisa minum dulu, ke toilet dulu mungkin. Bisa.

5. Simpan HP-mu

Jangan terlalu sibuk memainkan HP saat menunggu. Memang sebagai anak muda rasanya gatal banget kalau belum balas whatsapp, check in di Path, dan sebagainya. Jangan sampai kamu terkesan menjadi kandidat yang tidak adaptive. Sapalah kandidat lainnya. Mungkin kamu bisa sharing pengalaman, atau mungkin mereka jadi dambaan hati kamu. Siapa tau kan? Hehehhee..

Ada alternatif lain yang bisa kamu lakukan selain bermain HP dengan kondisi saat itu adalah kamu satu-satunya kandidat yang akan diinterview. Baca! Bacalah buletin perusahaan yang biasanya ada di meja tamu. Kamu bisa lebih mengenal perusahaan lebih jauh, lebih paham business perusahaan yang kamu apply seperti apa. Ga lucu kan saat kamu apply ke suatu perusahaan kamu justru have-no-idea tentang business perusahaannya.

6. ‘Berpakaian’ sewajarnya

Setiap perusahaan tentu punya ketentuan berpakaian yang beragam. Kamu bisa tanyakan saat kamu diinvite untuk interview. Ada perusahaan yang memang harus formal, ada perusahaan yang memang culture nya santai.

Tapi apapun culture-nya, ‘berpakaianlah’ sewajarnya. Pilihlah pakaian yang sopan, bersih. Tidak perlu menggunakan aksesoris yang mencolok dan makeup yang berlebihan. Jika kamu bau badan atau bau mulut, please pakailah deodorant dan makanlah permen sebelum interview.

Percaya atau tidak, penampilan kamu juga bisa membuat interview nyaman loh. Bayangkan saat kamu berpenampilan norak, bau badan, atau bau mulut, interviewer pun pasti tidak betah.

7. Tidak harus perfect, but you need to be prepared!

Dari 6 tips unik diatas, ada hal lain yang harus kamu lakukan. Be prepared.

Saat interview tentunya HR ingin menggali potensi diri kamu, begitu juga dengan User yang ingin menggali skill kamu terkait dengan posisi yang kamu lamar. Menurut saya, kamu tidak harus menjadi perfect. Perfect sih bagus, selama kamu bisa men-delivery dengan baik. Namun dengan prepared kamu justru telah menyiapkan kepercayaan diri kamu di level yang lebih tinggi. Dengan demikian kamu bisa delivery lebih baik, bahkan mendekati perfect.

Dengan well prepared, waktu yang telah kamu investasikan sekitar 1-2 jam interview akan membuahkan hasil yang memuaskan jika kamu prepared dengan baik, dan tidak memaksakan untuk menjadi perfect yang justru mengganggu pikiran kamu sendiri selama interview.

* * *

Jadi itulah 7 tips unik lainnya yang bisa kamu pertimbangkan saat akan interview kerja. Ada hal lainnya yang dapat kamu persiapkan dan pertimbangkan juga saat akan melaksanakan interview. Sukses ya!

Andra Septian
Andra Septian
A full time Jakartan who spend his weekdays as HR Recruitment Supervisor at Coal Mining Company. Enjoying his weekend as a lover

2 Comments

    1. Terimakasih sudah mampir di Blog saya.

      Hanya terlintas difikiran, selain apa yang akan berlangsung di ruang interview, sebetulnya ada hal-hal lain juga yang perlu diperhatikan applicant. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *