Tornado

 

Kalo liat di film-filmnya America, pasti kita tertakjub-takjub, klepek-klepek sama angin yang menggulung-ulung, menjulang tinggi ke langit. Yups, tornado. Itu kata oran-oranng namanya. Nggak tau juga kenapa namanya musti tornado, kenapa nggak winddo, ato apa gitu. Gua tau kalo keinginan gua yang satu ini bener-bener bego. Gua itu bener-bener penasaran banget pengen ngeliat tornado yang aslinya itu gimana sih. Gua sih udah pernah ngeliat yang versi Indonesianya live, tapi saat itu jga tornadonya kecil, langit juga masih cerah banget. Gua ingat tuh gua nyaksiin itu pas latihan pramuka waktu gua masih imut-imut banget di SMP. Tapi taukah para pembaca tercinta semua, tornado bener-bener terjadi di Nashville.

 

 

Tepatnya Saturday, March 28, 2009. Gua udah mandi, bersihin kamar, sarapan juga. Mom ada kerja lembur, dad off, Kayla biasalah makin menjadi malesnya. Gua udah sibuk ngerjain Chapter Review AP Calculus gua, Senen depan gua ada test neyh. Gila, mana otak gua nggak connect lantaran kelamaan libur. Kita nggak ada rencana sebelumnya, tapi dad ngajakin ke rumah Papa. Jadilah gua dengan sangat terpaksa ikut, habisnya nggak enak banget kalo pakai mobil tua dad yang udah berumur 53 tahun itu. Setiap kali kita jalan pasti semua mata tertuju pada kita.

 

Sepanjang perjalanan langit terlihat bener-bener cerah, tapi lambat laun kok angin malah kenceng banget. Pas nyampe di rumah Papa gua juga baru nyadar kalo langit kok tiba-tiba gelap. Gua sih cuma nahan topi di kepala gua biar nggak terjun indah ke sungai. Gua udah menggigil kedinginan, dan akhirnya mutusin ke dalam rumah.

 

Channel 4 lagi on. Semua program yang udah direncanain di ganti sama siaran berita buat ngingetin TORNADO MAMPIR KE NASHVILLE. Gua jujur pertama kali seneng minta ampun, emang sih rumah Papa nggak di Nashville dan gua lihat di siaran berita juga nggak ada warning bakalan tornado di sini. Tapi di luar juga udah turun hujan deras sama petir, trus dikit cerah, eh mulai lagi gelap, hujan dan petir.

 

Canggih bener tekhnologi sekarang, bener-bener bisa mendeteksi di mana tornado sekarang. Gua kegirangan nyaksiin tornado memasuki West Nashville (gua tinggal di West Nashville). Ya ampun, berdosa banget gua malah seneng. Tapi gua akhirnya mulai ketakutan saat diberitain kalo tornado itu mendekati Bellevue Mall, itu pas banget dekat rumah. Gua tukar pikiran, gua bener-bener takut sekarang. Takut karena gua ninggalin uang gua di rumah, kan lumayan tuh buat bayar tetek bengek prom yang mahal minta ampun, trus gua juga inget surat-surat penting gua; passpost, visa, sertifikat yang gua dapat di USA, trus banyak lagilah, belum lagi PR calculus gua yang bergeletakan di kasur, kalo diterbangin tornado mampus dah gua, gimana test hari Senen depan. Gua juga khawatir sama anjing-anjing, kucing-kucing, dan ikan-ikan di rumah. Takut kalo mereka di terbangin tornado, gua bakal kesepian ntar di rumah, nggak mau cuma berdua sama si gendut kalo pulang sekolah, juga takut kalo rumah pada berantakan, gua males banget buat bersih-bersih.

 

Nggak lama setelah itu, disiarin sama reporter Channel 4 live from Bellevue, dia di jalan yang deket banget sam arumah, di jelasin kalo tornado udah pergi dari Bellevue, perlu bersyukur karena Bellevue area masih utuh. Langit juga udah mulai cerah (disorot dan tergambar dengan jelas langit gelap yang udah mulai pergi), tapi jalanan masih ada kerikil es yang di bawa sama tornado.

 

Gua bener-bener takut sekarang, gua nggak mau ah ngeliat tornado. Untung aja gua milih ikutan sama dad walo SANGAT TERPAKSA. Tapi gua bersyukur nggak merasain ketakutan yang sama seperti binatang-binatang di rumah. Pas pulang juga jalanan masih ada kerikil es nya. Ya Allah, makasih banyak rumah yang walo nggak nyaman orang-orangnya masih tetap utuh…

12 Comments

  1. dasar kamu….senang liat tornado…mau liat tsunami juga gak…tuh ada waduk jebol di situ gintung banten, bayangin waduk jebol dan memakan korban hampir 100 orang di pusat kota malah. Tanah datar di hantam galodo, habis deh tuh…beberapa nagari…..agam juga, terutama di ampek angkek dan baso…sawah pada habis…mau lat itu jga gak….waduk jebol tuh, rumah kak seto juga kena, lumpur setinggi pinggang, mobilnya hanyut tuh..untung nyawa masiy bisa selamat…

  2. @bang im : bukannya gitu… penassaran aja,, habisnya efek-efek di film keren abnget. eh nggak tau nya bener-bener serrem… hhiiii….

    @bang im lagi: Ya ampun… serius bang…??? di sini sekarang malah sering was was sama tornado… Waduuh.. banyak bencana di Indonesia… ampek angkek juga..??? rumah ndra gimana yah…??? Galodo itu dari gunung meletus bukan…??? trus batunya guling”..??? gunung yang mana bang im…???

    @pujit: enak aje lo jit bilang abang jahat. Nggak maksud,, penasaran ajja.. Jujur,, film” America effeknya keren banget…. heheheeei…

  3. yeeeee..

    bang..
    le jawab ga ptanyaannya..
    aliran galodonya dari sekitar batusangkar-lasi smpe baso…
    klo candung mungkin..
    bang….
    galodonya tu dari hujan lebat di puncak merapi..
    tu puncak dah dak tahan lagi ama yang namanya tu air..
    ya jadi lah yang membuat orang kelepek-kelepek..
    hehehe…
    (04/04/09/23:20)

  4. Adduuhhh..
    Bagus banget yang manas-manasin…
    Nggak..
    Nggak milih..
    Huhuhuhuhuuuu…
    5 tahun menanti lagi…!!!

  5. hello….
    kan disana kan bisa milih
    lwt konjen RI disana
    bahkan milih bisa online
    tpi hrus dftar dlu
    kmarin dapil 2 jakarta yg bsa tuk dpilih di LN..

  6. 1. Konjen RI nggak ada di Tennessee State
    2. Online Andra nggak bisa karena persyaratannya Andra nggak lengkap. Andra 17 tahun pas di USA dan belum punya KTP, jadi Nomor Identititas lum ada…

  7. bang…
    gak sempat lagi curhatnya
    eeee..
    tdi pagi abang OL fb nya
    tw pas wk masuk
    bang langsung kluar..
    eeee
    abang

  8. Pemilu o9 emang panas ‘san..
    ..bukan gara2 dikau dipanas2in doank
    ricuh sana sini..
    ..syukur d kampuang kecil kita aman terkendali..
    Surat swara selebar daun jendela ‘san..
    ..tahan yah pemilu perdana mu 5 taun lagi..
    ..kasiaan
    daku bangga sekali pamerin photo 9 april itu padamu..
    ..take care ‘san
    keep holding on..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *