Undergraduate Thesis Defense

Setelah sekian lama tidak update di blog akhirnya saya kembali. Satu semester belakangan (Semester 7) saya berkuliah di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia sangat disibukkan dengan deadline tugas, perkuliahan, dan tentunya skripsi. Nah, sebagai salah satu syarat (wajib hukumnya) untuk bisa LULUS dan meraih gelar SARJANA dari Fakultas Psikologi UI, saya harus membuat skripsi. Tentunya tidak hanya dibuat dan diselesaikan saja skripsi tersebut tetapi juga harus dipertahankan (thesis defense).

3-4 harian yang lalu saya tiba-tiba drop. Siang hingga sore saya masih ingat, saat itu masih kelayaban bersama teman-teman. Namun entah kenapa, malam harinya badan saya sangat menggigil di tengah Kota Depok yang sedang panas. Saya memakai training, double sweater, selimut, bahkan kaos kaki karena tidak sanggup menahan dingin. Berdiri juga sangat tidak kuat, bahkan untuk memegang handphone sekalipun saya tidak sanggup. Aneh sekali memang. Tapi beginilah persiapan saya dalam meghadapi Sidang Skripsi.

Persiapan tentu tidak hanya sekedar skripsi selesai dikerjakan, dikumpulkan, dan diserahkan kepada penguji saja. Tetapi juga harus lebih memahami isi dari skripsi tersebut. Latihan presentasi dengan waktu maksimal 15 menit, itu adalah tantangannya. Karena bagaimana caranya dengan skripsi yang (cukup) tebal ini saya bisa menyampaikan dengan jelas inti skripsi saya.

Skripsi saya berjudul “Perbedaan Causality Orientation Pada Pegawai Negeri Sipil, Karyawan Swasta, dan Sukarelawan LSM.” Skripsi ini dibimbing oleh Mas Dewa dan akan saya pertahankan di hari Sidang Skripsi tanggal 6 Januari 2014 dihadapan Pak Gagan (Dosen Statistik) dan Mbak Fivi (Dosen Klinis).

Namanya juga sidang skripsi, dosen penguji sangat menguji pemahaman saya mengenai skripsi ini. Dosen akan membolak-balikkan fakta sehingga pemahaman kita sangat diuji disini. Saya sendiri juga tertantang. Namun sempat saat dibahas bagian Bab 3, terutama dibagian statistik saya sangat kelimpungan sejujurnya.

Tapi Alhamdulillah sekali saya bisa menyelesaikannya dengan baik. Pada 6 Januari 2014 pukul 11.10 saya dinyatakan Lulus Sidang Skripsi.

Terimakasih banyak Mas Dewa atas bimbingan skripsinya selama ini. Terimakaish untuk dosen penguji; Pak Gagan dan Mbak Fivi. Serta terimakaish juga para sahabat yang hadir menemani saya di hari sidang skripsi ini,

Andra Septian
Andra Septian
A full time Jakartan who spend his weekdays as HR Recruitment Supervisor at Coal Mining Company. Enjoying his weekend as a lover

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *