Visa China

Wah, setelah kemarin dadakan dibookingin tiket, tentunya hal berikutnya yang harus diurus adalah visa. Celakanya pada saat mau urus visa, hari Kamis, 1 Mei 2014 adalah hari libur nasional dan Jumat, 2 Mei 2014 waktu itu ke Chinese Embassy dan ternyata tanggal 1-2 Mei 2014 mereka tutup.

jadilah hari Senin udah dari dini hari banget (jam stengah tujuhan) udah ngantri di depan Kedutaan China. Se-nggak-tau-itu, hingga sekitar jam 8an ada Guru SMA yang nanyain mau ngapain ke Kedutaan China karena beliau dan muridnya mau wawancara gitu. Ya gua bilang, mau bikin visa. Loh, ternyata buat bikin visa China itu bukan di Embassy nya, tapi ada Chinese Visa Application Center di East Tower. Jadilah perjuangan menanti di depan Kedubes ini sia-sia dan mungkin juga tanggal 1-2 Mei itu mereka sebenarnya buka.

Bener aja dong, mau jam 9 antriannya udah lumayan panjang. Setelah ambil nomor antrian dan dipanggil ke counter nya; kebetulan ngantrinya nggak lama karena mau apply visa yang ekspres dan pagi itu untuk yang ekspress masih sepi. Tapi sayang banget akan ada kendala.
1. Untuk visa tourist, sebenarnya (katanya sih ya) ngga bisa ekspress 1-2 hari, ekspress nya bisanya 3 hari, artinya itu baru selesai Rabu dan bisa diambil Rabu jam 9. Lah, kan pesawat gua bahkan Rabu jam 8.20. Alhasil, harus re-schedule tiket.
2. Untuk visa tourist, kita ngga bisa nyantumin alamat teman kita di form, karena itu jadinya visa visitor dan harus punya banyak dokument yang lebih ribet lagi yang harus disiapkan, seperti surat izin kerja, surat izin menetap, dll. Solusinya, harus booking penginapan di Shanghai, at least 1 malam aja nggak papa walau nanti ujung-ujungnya stay di tempat teman.

Jadilah kelimpungan langsung ngurus reschedule tickets dan minta Dad buat bookingin penginapan. Masalahnya adalah, udah reschedule ticket tapi tiketnya lama banget dikirim via email dan nyari tempat priting di sekitaran Ambas susah juga. Gua akhirnya ngeprint ke Tebet dong.

Singkat cerita, semua berkas lengkap dan visa siap di hari Rabu. Alhamdulillah. See you tomorrow, Shanghai!

Andra Septian
Andra Septian
A full time Jakartan who spend his weekdays as HR Recruitment Supervisor at Coal Mining Company. Enjoying his weekend as a lover

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *